Sunday, October 7, 2012

Satu dari Beberapa Riwayat tentang Bacaan dalam Shalat


حدثنا محمد ابن أبى بكر المقدمى. حدثنا يوسف الماجشون. حدثنى أبى عن عبد الرحمن الأعرج، عن عبيد الله بن أبى رافع، عن علي بن أبى طالب، عن رسول الله صلى الله عليه و سلم؛ أنه كان إذا قام إلى الصلاة قال ((وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِى فَطَرَ السماواتِ و الأرْضِ حنِيْفاً و ما أنا مِن المشركين. إنّ صلاتى و نُسُوكِى و مَحْياىَ و مماتِى لله رب العالمين لا شريك له و بذلك أُمِرْتُ و أنا من المسلمين. اللهم أنت المَلِكُ لا إله إلا أنت. أنت ربِّى و أنا عبدُك. ظلمْتُ نفْسِى و اعْترفْتُ بذنْبِى فاغْفِرْلى ذُنُوْبِى جمِيْعا. إنه لا يغفر الذنوب إلا أنت. و اهدنى لأحسن الأخلاق لا يهدى لأحسنها إلا أنت. و اصْرِفْ عنِّى سيِّىءَها لا يَصْرْفُ عنى سيىءها إلا أنت. لبيك! و سعديك! و الخيرُ كلُّه فى يديك. و الشر ليس إليك. أنا بك و إليك. تباركت و تعاليت. أستغفرك و أتوب إليك)).

و إذا ركع قال ((اللهم لك ركعتُ! و بك آمنْتُ. و لك أسلمتُ. خشَع لك سمْعِى و بصَرى و مُخـِّى و عَظْمِى و عَصَبى)).

و إذا رفع قال ((اللهم! ربنا لك الحمد مِلْءَ السماوات و ملء الأرض و ملء ما بينهما و ملء شِـئْتَ مِن شىءٍ بعْدُ)).

و إذا سجَد قال ((اللهم! لك سجَدْتُ. و بِك آمنت. و لك أسْلمْت. سجَد وجْهى للذى خلَقهُ و صوّرهُ، و شَقَّ سَمْعَه و بصَره. تبارك الله أحسنُ الخالقين)).

ثم يكون من آخر ما يقول بين التشهد و التسليم ((اللهم! اغْفرلى ما قدَّمْتُ و ما أخرت. و ما أسررْت و ما أعلنْت. و ما أسرفْت. و ما أنت أعلم به منى. أنت المُقدِّمُ و أنت المؤخِّر. لا إله إلا أنت)).

***

صحيح مسلم للإمام أبى الحسين مسلم بن الحجاجالقشيرى النيسابورىّ. الجزء الأول. 1991. بيروت: دار الكتب العلمية. ص. 534-536. 
***

Muhammad bin Abi Bakr al-Muqaddami – Yusuf al-Majisyun – Bapaknya Yusuf al-Majisyun – Abdurrahman al-A’raj – Ubaidillah bin Abi Rafi’- Ali bin Abi Thalib, dari Rasulullah saw., bahwasanya ketika beliau berdiri melakukan shalat beliau mengucapkan: “Kuhadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan beberapa langit dan bumi dengan penyerahan diri sepenuhnya, dan aku tidak termasuk golongan orang-orang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibdahku, hidupku, matiku, adalah bagi Allah, Tuhan alam semesta, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku diperintahkan demikian itu, serta aku aku adalah golongan orang-orang yang berserah diri kepada Allah. Ya Allah! Engkaulah Maharaja, tiada Tuhan selain Engkau, Engkau Tuhanku, aku hamba-Mu, aku telah berbuat dzalim terhadap diriku sendiri, aku akui dosaku, maka ampunilah segala dosaku, karena tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau. Bimbinglah aku kepada sebaik-baik akhlak, karena tidak ada yang membimbing ke arah itu kecuali Engkau. Hindarkanlah aku dari dari sejelek-jelek akhlak, karena hanya Engkaulah yang kuasa menghindarkannya. Aku datangi panggilan-Mu, sedangkan kejelekan tidak berasal dari-Mu.Aku ada karena-Mu dan akan kembali kepada-Mu. Maha Suci Engkau, aku memohon ampunan dan bertobat kepada-Mu.”

Apabila beliau rukuk, beliau mengucapkan, “Ya Allah! Aku rukuk kepada-Mu, aku beriman dengan-Mu, aku berserah diri kepada-Mu. Pendengaranku, penglihatanku, pikiranku, tulangku, dan semua anggota tubuhku merunduk kepada-Mu.”

Ketika bersujud beliau mengucapkan, “Ya Allah! Kepada-Mu aku bersujud, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah diri. Wajahku bersujud kepada Tuhan yang telah menciptakan wajah, yang telah membuat pendengaran dan penglihatan di kepala. Maha Suci Allah, Dia-lah sebaik-baik pencipta.”

Kemudian di akhir antara tahiyyat dan salam beliau mengucapkan, “Ya Allah! Ampunilah dosa yang telah dan belum aku perbuat, dosa yang samar dan dosa yang jelas, dosa karena aku berbuat melampaui batas, dan dosa yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah yang mendahulukan dan Engkaulah yang mengakhirkan. Tiada Tuhan selain Engkau.
      

0 comments:

Post a Comment